Minggu, 13 Maret 2016

Total Solar Eclipse



Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Pada tahun ini Indonesia berkesempatan melihat Gerhana Matahari Total karena kali ini jalur lintasan Gerhana Matahari melewati Indonesia mulai dari Pulau Sumatra sampai kepulauan Hilmalaya. Gerhana ini terjadi pada hari Rabu 09 Maret 2016, Gerhana dimulai pada 07.27 WITA hingga mencapai total pada pukul 08.37 WITA.
            Pada kali ini aku akan menceritakan Gerhana Matahari Total yang terjadi di daerahku yaitu di Palu Sulawesi Tengah. Tempat paling ramai untuk melihat Gerhana matahari di Palu yaitu di Ngatabaru, kab. Sigi Biromaru. Banyak para turis yang berdatangan ke Palu mulai yang bersal dari California sampai ada juga ynag berasal dari jepang hanya untuk melihat Gerhana Matahari Total Secara langsung, bahkan para turis dan wisatawan asing membangun rumah-rumah kecil dari bamboo sebagai tempat untuk pengamatan gerhana matahari total. Sebagian masyrakat lainnya melihat fenomena alam yang langka ini di Pantai Talise kota Palu, Banyak masyarakat yang sangat antusias untuk menyambut fenomena alam yang langkah ini, ada pula yang menyambutnya dengan Sholat Gerhana di Mesjid Agung Kota Palu. Pada saat Gerhana matahari mencapai Totalnya, seketika pula suanana di kota Palu menjadi gelap, suhu udara menjadi sejuk, dan suasananya seperti fajar, dilangit tampak begitu indah serta bintang tampak sangat memukau. Ketika bulan mulai meninggalkan matahari suasana berubah menjadi terang kembali sedikit demi sedikit, dan pada saat seperti itu Matahari hanya dapat dilihat menggunakan kacamata khusus untuk melihat Gerhana Matahari.
            Beberapa gambar dibawah ini adalah foto-foto yang diambil ketika Gerhana Matahari Terjadi

 

Berikut ini adalah video Gerhana Matahari Total di langit Palu oleh CNN Indonesia




1 komentar:

  1. mohon maaf ada terdapat kesalahan dalam penggungahan vidio gerhananya, silahkan kunjunggi link ini https://www.youtube.com/watch?v=pR9mV8hnJ5I . Terima Kasih

    BalasHapus